Senin, Agustus 17, 2009

17 AGUSTUS HARI KEMERIAHAN ATAU HARI PERENUNGAN ?


64 tahun Indonesia merdeka. Dan selama itu pula selalu dirayakan pada tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kita lihat hingga kini sebagai adat, tiap tanggal 17Agustus selalu dirayakan dengan berbagai perlombaan serta bersuka ria, dengan pengeluaran dana yang tidak sedikit. Bahkan ada yang terkesan berfoya-foya, menguras dana besar untuk waktu 24 jam itu.

Sementara di sisi lain, di berbagai station TV serta dalam upacara selalu dikisahkan sejarah jeripayah serta kegigihan para pejuang untuk kemerdekaan bangsa. Dimana tidak ada tawa di bibir mereka. Tapi keseriusan, serta tekat baja kuat melekat di setiap detik. Sama sekali tak ada gentar di bola mata mereka, walau para kerabat merekapun gugur tergulai.

Jika ada dua orang sebagai subyek kita, si A dan si B. Si A senang sekali mengikuti perayaan berupa perlombaan, pesta, dan bernyanyi-nyanyi. (walau tentang kemerdekaan). Yang ia fikirkan hanya bagaimana bisa menang, dan bisa senang. Kemudian si B, ia selalau mengikuti sejarah para pahlawan, serta suka merenungkan nasib bangsa. Ia selalu berfikir apa yang bisa ia lakukan untuk bangsa Indonesia ini, seakan ia merasa terpanggil untuk menjadi pahlawan berikutnya, karena ia merasa kemerdekaan negeri ini belum sempurna.

Maka siapa yang lebih anda pilih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar